Abstrak


Evaluasi Kondisi Eksisting Saluran Drainase di RW 16 Perumahan Josroyo, Jaten, Karanganyar


Oleh :
Berlian Nurfitrianto Wibowo - I8713010 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem sarana serta prasarana yang memiliki komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya). Secara umum sistem drainase dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan, sehingga kawasan tersebut dapat difungsikan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi sistem drainase Perumahan Josroyo Permai RW 16 Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan-tahapannya adalah pengumpulan data diantaranya: data luas wilayah dan data curah hujan, data cross section, dan study pustaka. Kemudian menganalisi banjir genangan, perencanaan sistem drainase, dan perhitungan saluran drainase, analisis saluran drainase.
Dari lokasi genangan di RW 16 perumahan Josroyo indah telah di bangun goronggorong dengan ukuran lebar = 0,4 m dan tinggi = 0,35 m, yang berada di RT 05, 06, dan 07 untuk gorong-gorong 1 dan di RT 01, 02, dan 03 untuk gorong-gorong 2, Setelah itu dilakukan perhitungan dengan menggunakan analis debit hujan dengan kala ulang adalah 2 tahunan, didapatkan Besarnya debit banjir pada Gorong-gorong 1 adalah 0,05 m?3;/dtk,sedangkan besarnya debit saluran pada Gorong-gorong 1 adalah 0,3 m?3;/dtk. Sehingga pada Gorong-gorong 1 sudah baik dan tidak menimbulkan genangan. Dan untuk Gorong-gorong 2 didapatkan Besarnya debit banjir pada Gorong-gorong 2 adalah 0,5 m?3;/dtk, sedangkan besarnya debit saluran pada Gorong-gorong 2 adalah 0,3 m?3;/dtk. Sehingga pada saluran utama 2 sudah baik dan tidak menimbulkan genangan. Dengan kata lain debit banjir lebih kecil dari debit saluran.

Kata kunci : genangan, saluran drainase, Gorong-gorong.