;

Abstrak


Cerita Rakyat di Kabupaten Boyolali: Suatu Kajian Struktur, Nilai Pendidikan, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra Tingkat SD


Oleh :
Ferry Bayu Aji Nugraha - S841208016 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis jenis-jenis cerita rakyat apa sajakah yang terdapat di kabupaten boyolali.(2) Menganalisis struktur cerita rakyat di kabupaten boyolali.(3)Menganalisis nilai pendidikan apa sajakah yang terdapat di kabupaten boyolali. (4) menganalisis relevansi cerita rakyat di kabupaten boyolali dalam pembelajaran bahasa dan sastra.
Penelitian ini dilaksanakan di empat kecamatan di Kabupaten Boyolali yaitu di Desa Jembungan Kecamatan Banyudono, di Desa Nglembu Kecamatan Sambi, Desa Pojok Kecamatan Selo dan, di Desa Pantaran Kecamatan Ampel. Subyek penelitian Adalah Cerita Rakyat Ki Ageng Pengging, Cerita Rakyat Gunung Tugel, Cerita Rakyat Dusun Pojok, Dan Cerita Rakyat Makam Pantaran. Waktu pelaksanaan penelitian adalahdari bulan oktober sampai bulan desember 2013. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh dari teknik wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Dari beberapa cerita rakyat yang dihimpun dapat mewakili daerah masing-masing dengan triangulasi dan informan review, informasi, metode dan teori dibandingkan lebih dari 1 sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik mengalir dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil cerita di Kabupaten Boyolali yaitu, cerita rakyat Ki Ageng Pengging berbentuk legenda, cerita rakyat Gunung Tugel berbentuk legenda, cerita rakyat Dusun Pojok berbentuk legenda, dan cerita rakyat Makam Pantaran berbentuk legenda. Dari keempat cerita rakyat tersebut mengandung nilai pendidikan yaitu pendidikan moral, nilai pendidikan budaya, nilai pendidikan religius, dan nilai pendidikan sejarah. Berdasarkan kurikulum, cerita rakyat di Kabupaten Boyolali relevan dengan pembelajaran sastra di kelas V semester 1 sekolah dasar dan kelas VII semester 1 sekolah menengah pertama.

Kata kunci : cerita rakyat kabupaten boyolali, struktur, nilai pendidikan, relevansi pembelajaran