Abstrak


Pilihan Rasional Difabel (Studi Deskriptif Tentang Pilihan Rasional Difabel dalam Memilih Bekerja di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (Bbrsbd) Prof. Dr. Soeharso Surakarta)


Oleh :
Naluri Insani - D0312056 - Fak. ISIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pilihan rasional difabel dalam memilih bekerja di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD)   Prof.   Dr.   Soeharso   Surakarta   serta   mendeskripsikan   apa   saja hambatan dan dorongan sumber daya yang dimiliki oleh difabel dalam memilih bekerja di BBRSBD.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional dari  James  Coleman.  Teori  pilihan rasional  merupakan  tindakan  rasional  dari individu atau aktor untuk melakukan suatu tindakan berdasarkan tujuan tertentu dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan (prefensi). Teori pilihan rasional dari  James  Coleman  digunakan  untuk  mendeskripsikan  bagaimana  pilihan rasional  penyandang  disabilitas  dalam  memilih  suatu  pekerjaan  berdasarkan tujuan yang ingin dicapai demi kepentingan dirinya dan juga orang lain yaitu
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari dua sumber data yaitu data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder berupa dokumentasi dan dokumen-dokumen. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan  teknik  triangulasi  sumber.  Dalam  analisa  data,  peneliti menggunakan pandangan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ketika difabel memilih suatu pekerjaan ditentukan oleh berbagai macam aspek yaitu sumber daya yang mereka miliki,  keterbatasan  informasi  dan  lembaga  dimana  mereka  bekerja.  Difabel
sebagai actor tentu dapat memaksimalkan sumber daya yang mereka miliki untuk menunjang mereka agar dapat mencapai tujuan yang mereka tetapkan ketika memilih untuk bekerja di BBRSBD. Dalam menentukan pilihan yang mereka anggap rasional, difabel dihadapkan pada rasionalitas terbatas mereka yang membuat mereka tidak bisa memilih pekerjaan lain atas dasar satu dan lain hal. Rasionalitas terbatas merupakan suatu keadaan dimana difabel dibatasi oleh sumberdaya yang mereka miliki, keterbatasan informasi, keterbatasan pemikirian dan keterbatasan waktu mereka sehingga pilihan rasional mereka terbatas dalam memilih bekerja di BBRSBD.

Kata Kunci : Aktor, Penyandang Disabilitas, Pilihan Rasional, Sumber Daya