Abstrak


Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Tentang Sumber Energi Panas dan Bunyi Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV SDN 2 Adikarso Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Indriati Wigianingsih - K7114070 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan Pendekatan Saintifik dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang sumber energi panas  dan  bunyi,  (2)  meningkatkan  keaktifan  dan  hasil  belajar  IPA  tentang sumber energi panas dan bunyi melalui Pendekatan Saintifik, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan Pendekatan Saintifik dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang sumber energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN 2 Adikarso tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa. Data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara,   dan   dokumentasi.   Validitas   data   menggunakan   validitas   isi, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan saintifik dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati, (b) menanya, (c) mencoba (d) menalar,   (e) mengkomunikasikan. (2) penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 2 Adikarso tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan pada siklus I mencapai 68,75%, siklus II meningkat menjadi 78,12%, dan siklus III meningkat menjadi 90,21?n ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai 71,87%, siklus II meningkat menjadi 84,37%, dan siklus III meningkat menjadi 93,33%, (3) kendala yang muncul dalam penerapan pendekatan siantifik, yaitu (a) siswa masih tidak mau bertanya kepada guru, (b) masih ada siswa yang tidak mau berkerja sama dalam kelompoknya untuk melakukan percobaan, (c). pada langkah lima, siswa tidak mau memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain. Solusi dari kendala tersebut, yaitu: (a) memotivasi siswa agar selalu berani mengajukan pertanyaan, (b) guru mengarahkan siswa untuk saling bekerja sama dengan teman sekelompoknya, (c) guru membimbing siswa untuk berani menanggapi hasil presentasi kelompok lain.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang sumber energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN 2 Adikarso tahun ajaran 2017/2018.