;

Abstrak


Pengaruh Pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Kerusakan Lingkungan Ditinjau Dari Living Value (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA N 2 Sragen)


Oleh :
Harun Hartanto - S821408002 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMAN 2 Sragen. (2) Pengaruh  living value tinggi  dan  rendah  terhadap  pemahaman  konsep  kerusakan  lingkungan  pada  siswa SMAN 2 Sragen. (3) Pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap living  value. (4) Interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation terhadap living  value.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode experiment semu (Quasi Eksperimental Research) yang melibatkan dua kelompok, yaitu: 1. Kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol. Kedua  kelompok  diasumsikan  sama  dalam  hal  segi  dan  hanya  berbeda  dalam pendekatan pembelajarannya. Pada kelompok eksperimen menggunakan metode pembelajaran Problem Based Instruction dan Group Investigation sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran Problem Based Instruction dan  Group Investigation terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMA Negeri 2 Sragen. (2) Ada pengaruh living value tinggi dan living value rendah terhadap pemahaman konsep kerusakan lingkungan pada siswa SMA Negeri 2 Sragen. (3) Ada pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Instruction dan  Group Investigation terhadap living value. (4)  Tidak  ada  interaksi  antara  model  pembelajaran  Problem  Based  Instruction  dan Group Investigation terhadap living value. Hasil pengujian menggunakan Anova dua jalan diperoleh nilai F-hitung pada aspek interaksi antara merode pembelajaran dengan Living Value (yaitu faktor AxB) sebesar 0.131 dengan nilai probabilitas sebesar 0.877. Nilai probabilitas lebih dari 0.05 yang berarti tidak ada faktor interaksi antara metode pembelajaran dan Living Value terhadap pemahaman materi konsep kerusakan lingkungan.

Kata Kunci : Problem Based Instuction dan Group Investigation, Pemahaman Konsep
Kerusakan Lingkungan, Living Value