Abstrak


Penerapan Model Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) dengan Media Flip Chart untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kebulusan Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Isnaeni Subekti - K7114077 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model VAK dengan media flip chart untuk meningkatkan  keterampilan  menulis karangan peserta didik, (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik dengan menerapkan model VAK dengan media flip chart, dan (3) mendeskripsikan  kendala  dan  solusi  penerapan  model  VAK  dengan  media  flip chart dalam peningkatan  keterampilan  menulis karangan peserta didik kelas III SDN 2 Kebulusan tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian  ini  terdiri  dari  tahapan  perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan  dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 29 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari peserta didik, guru, observer dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dan non tes (observasi,  wawancara dan dokumentasi).  Validitas  data  menggunakan  triangulasi  teknik  dan  triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskripsi kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model VAK dengan media flip  chart  dilakukan  dengan  langkah:  (a)  persiapan,  (b)  penyampaian  materi dengan  menggunakan  mediaflip  chart,  (c) pelatihan,  (d) penampilan  hasil;  (2) penerapan model VAK dengan media flip chart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik. Peningatan hasil keterampilan menulis karangan peserta didik pada tes kemampuan awal adalah   24.14%, pada siklus I 75.86%, siklus II 86.21?n meningkat menjadi 100% pada siklus III; (3) kendala dalam penerapan model VAK dengan media flip chart yaitu persiapan belum maksimal, penyampaian  materi dan tanya jawab kurang ditanggapi peserta didik, pembimbingan  peserta  didik belum maksimal,  kurangnya  kepercayaan  diri dan ketelitian peserta didik, serta kondisi kelas kurang kondusif saat penampilan hasi karangan;  solusi  untuk mengatasinya  yaitu dengan  membuat  daftar yang harus disiapkan,  mengondisikan  peserta  didik sebelum  menjelaskan  materi  dan tanya jawab, memperbaiki pengaturan waktu dan memberikan contoh, memberikan penguatan positif (hadiah), mengondisikan kelas sebelum penyampaian hasil karangan.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model VAK dengan media flip chart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik kelas III SDN 2 Kebulusan tahun ajaran 2017/2018.