Abstrak


Peningkatan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pecahan Melalui Penerapan Media Kartu Domino pada Siswa Kelas V SDN 02 Pulosari Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Rohmatul Putri Retnowati - K7114155 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menigkatkan keterampilan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan dengan penerapan media kartu domino pada siswa kelas V SDN 02 Pulosari tahun ajaran 2017/2018.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 02 Pulosari berjumlah 25 siswa. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif.

Penelitian  ini  menghasilkan  rata-rata  nilai  pratindakan  keterampilan operasi hitung pecahan adalah 61,1 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 28%. Siklus I nilai rata-rata keterampilan operasi hitung pecahan sebesar 71,9 dengan persentase ketuntasan klasikal 44%. Dan siklus II nilai rata-rata keterampilan operasi hitung pecahan sebesar 81,9 dengan persentase ketuntasan sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu domino dapat meningkatkan keterampilan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V SDN 02 Pulosari.