Abstrak


Peran Production Assistant Dalam Program Rumah Mama Amy Di MNCTV


Oleh :
Archi Dharma Pertiwi - D1414007 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Dalam dunia penyiaran di Indonesia, khususnya industri pertelevisisan, persaingan antar stasiun televisi memang terlihat jelas. Dalam hal ini MNCTV sebagai stasiun televisi swasta nasional cukup aktif dalam memproduksi acara yang berbeda dari stasiun televisi lainnya. MNCTV memiliki potensi yang besar untuk menciptakan program-program baru yang fresh, berbeda, dan bermutu. Sehingga MNCTV mampu membuktikan dapat memberikan sajian yang bermutu bagi khalayak banyak, terbukti masyarakat yang senantiasa melihat tayangan MNCTV.
Selama dua bulan penulis berkesempatan melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) di MNCTV. Penulis bertugas menjadi Production Assistant dalam program acara Rumah Mama Amy, acara Variety Show ini berlangsung secara live.Penulis dapat mengetahui tugas-tugas Production Assistant dalam mengelola sebuah program, dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tanpa adanya Production Assistant, produser tidak dapat menjalankan tugasnya dengan lancar. Selain membantu produser, Production Assistant juga menjadi penghubung antar crew yang terlibat pada proses produksi maupun yang mendukung jalannya proses produksi.
Menjadi seorang Production Assistant, penulis mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu yang belum tentu didapatkan di dunia perkuliahan. Karena salah satu tugas Production Assistant adalah berkoordinasi dengan crew, penulis dapat bertemu dan bekerjasama dengan orang-orang baru yang terlibat dalam proses produksi. Penulis juga dituntut harus teliti dan detail terhadap segala materi untuk persiapan produksi.
(Televisi, MNCTV, Rumah Mama Amy,Production Assistant)