Abstrak


Pembuatan Sistem Informasi Pengajuan Perpanjangan Masa Studi Berbasis Web


Oleh :
Gilis Aryo Sembodo - M3112063 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Perpanjangan masa studi merupakan tambahan waktu untuk menempuh masa studi, hitunganya dimulai ketika mahasiswa sudah melewati masa studi kurikulum. Perpanjangan masa studi di fakultas MIPA masih menggunakan prosedur manual. Mahasiswa masih menggunakan formulir sebagai sarana perpanjangan studi. Belum adanya sistem informasi yang membantu dalam proses administrasif mengenai perpanjangan masa studi.
Metode penelitian yang dilakukan untuk merancang dan membuat sistem informasi pengajuan perpanjangan masa studi berbasis web ini adalah yang pertama dengan melakukan observasi, identifikasi dan klasifikasi melalui studi literatur, kemudian dengan melakukan perancangan program melalui analisa awal tentang sistem yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi dengan menggunakan UML. Pada tahap ini dilakukan implementasi sistem dari rancangan program yang telah dibuat, kemudian direalisasikan pada sebuah aplikasi, selanjutnya dilakukan tahap uji coba pada aplikasi tersebut. Tahap terakhir yaitu evaluasi, pada tahap ini dilakukan evaluasi apabila pada aplikasi terdapat kesalahan atau kekurangan, maka dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
Produk system informasi ini  dibuat menggunakan Bahasa pemrograman  PHP dan Framework CodeIgniter. Hasil penelitian tugas akhir “Sistem informasi pengajuan perpanjangan masa studi berbasis web” diharapkan mampu mempermudah dan mempercepat proses perpanjangan masa studi.

Kata kunci : CodeIgniter, Sistem Informasi, Perpanjangan masa studi