Abstrak


Tingkat Pencapaian Tugas Perkembangan Ditinjau dari Minat dalam Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018


Oleh :
Moh Dicky Syafaat - K3111040 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat Pencapaian Tugas Perkembangan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Karanganyar (2) minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah (3) kontribusi minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangannya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karanganyar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 217 siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan Angket dan uji validitas pada angket dihitung menggunakan SPSS 20 dan Microsoft excel. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan t-tes yang kemudian diuji menggunakan uji satu fihak (One Tail Test). Adapun untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 20.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018 tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling tergolong dalam kategori tinggi. Berdasarkan penghitungan regresi, minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling berkontribusi terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 8,3%.

Kata Kunci : tugas - tugas perkembangan, minat, layanan bimbingan dan konseling