Abstrak


Desain Interior Pusat Kuliner Kalimantan Di Jakarta


Oleh :
Irna Sri Widayanti - C0813020 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak kepulauan, termasuk pulau kalimantan. Kalimantan kurang tereksplorasi dibandingkan dengan pulau yang lain dalam bidang budaya bahkan kuliner, sehingga menjadikan Pusat Kuliner Kalimantan dirancang dan di promosikan di Jakarta.
Tujuan utama dari karya ini adalah (1) merancang sebuah pusat kuliner dengan harapan selain sebagai pelengkap kebutuhan primer manusia yaitu makan dan minum, (2) merancang interior pusat kuliner kalimantan yang sesuai dengan tema rumah betang, sehingga menjadi media promosi pulau Kalimantan kepada wisatawan dan atau pembisnis dari dalam maupun luar negeri yang berdomisili di Jakarta. Diharapkan pula pusat kuliner Kalimantan ini dapat memberikan pengetahuan lebih tentang pulau Kalimantan kepada pengunjung.
Metode yang digunakan dalam perancangan proyek ini yakni (1) studi literature yang bersumber dari buku (2) studi lapangan dengan observasi langsung untuk memperoleh data lapangan (3) dokumentasi berupa foto-foto sebagai bukti riil (4) analisa data. Hasil dari perancangan desain interior pusat kuliner Kalimantan terciptanya suasana Rumah Betang pada Pusat Kuliner Kalimantan yang mana elemen estetis dari Rumah Betang diterapkan pada semua bangunan di Pusat Kuliner Kalimantan, mulai dari ceiling yang menggunakan bahan material kayu balau dan dikombinasikan dengan semen ekspose, lantai yang menggunakan papan kayu balau, granit, semen ekspose serta vinyl, dan dinding yang ditambahkan aksen kayu balau pada bagian dinning area, café, dan museum mini.