Abstrak


Pembuatan Aplikasi “Halo Kids” Menggunakan Augmented Reality Technology Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengenalan Alat Musik Bagi Anak Usia Dini Berbasis Android


Oleh :
Lody Tomiya Herlando - M3114094 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi augmented reality ke dalam sistem pendidikan untuk anak – anak usia dini dengan objek pembelajaran yaitu alat – alat musik dimana teknologi ini diharapkan dapat menjadi media alternatif untuk pembelajaran terhadap anak – anak usia dini serta meningkatkan keberhasilan dari pembelajaran tersebut tentang alat – alat musik.
Penelitian ini merupakan jenis pengembangan teknologi augmented reality berbasis android yang mengulas materi tentang alat – alat musik, mulai dari bentuk, cara penggunaan, serta penjelasan singkat tentang alat musik tersebut. Terdapat 26 objek alat musik yang akan diulas pada penelitian ini, dimana rincian dari alat – alat musik tersebut akan dijelaskan lebih lanjut pada laporan ini. Pembuatan aplikasi HALO KIDS ini dilakukan menggunakan software desain, 3D modelling, serta animasi, yaitu 3D Studio Max, Corel Draw, Adobe Audition, Unity 3D, dan Vuforia.
Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi multimedia “HALO KIDS” yang merupakan penggabungan dari berbagai komponen seperti teks, suara, gambar, serta animasi dan berbentuk file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat android yang memiliki akses kamera yang digunakan untuk melakukan scan terhadap marker atau penanda yang sudah disediakan. Aplikasi HALO KIDS diharapkan mampu membantu proses pembelajaran untuk anak usia dini dengan media yang interaktif serta materi yang mudah untuk dipahami sehingga anak – anak usia dini dapat mengetahui berbagai macam alat – alat musik.
Kata Kunci: Augmented Reality, Mobile, 3D , Android