Abstrak


Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Cekak Dengan Metode Mind Mapping Dan Penggunaan Media Audio Pada Siswa Kelas VIIIH MTS Negeri Sragen Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Sriyanti Pamungkasari - S061502011 - Pascasarjana

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca pemahaman cerita cekak dengan metode mind mapping dan penggunaan media audio, dan meningkatkan kualitas hasil membaca pemahaman cerita cekak dengan metode mind mapping dan penggunaan media audio.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu suatu penelitian yang merupakan kolaborasi antara peneliti, guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas  VIIIH  MTs  Negeri  Sragen.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber  dan triangulasi teknik. Teknik analisa data menggunakan teknik kritis komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Jawa dan kualitas hasil membaca pemahaman cerita cekak siswa kelas VIIIH MTs Negeri
Sragen.  Hal  tersebut  terefleksi  dari  beberapa  indikator  keberhasilan  sebagai
berikut: (1) motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman cerita cekak meningkat, (2) peningkatan kinerja guru dalam mengelola kelas, (3) kemampuan membaca pemahaman cerita cekak siswa terus meningkatdari nilai rata-rata 71,03 pada pra siklus, meningkat pada siklus I (77,95), dan siklus II (83,59). Peningkatan nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75.