;

Abstrak


Perlindungan Hukum Pembeli Lelang atas Lelang yang Dibatalkan oleh Hakim


Oleh :
Eunike Freskilia Sintisye Pardede - S351508017 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum pembeli lelang yang beritikad baik atas lelang yang dinyatakan batal demi hukum oleh Hakim dan bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan pembeli lelang untuk mendapatkan perlindungan hukum ketika hak-haknya berakhir akibat dari pembatalan lelang oleh Hakim.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statue approach) yaitu menelaah peraturan perundang-undangan yang bersangkut paut dengan permasalahan yang sedang dihadapi serta menggunakan pendekatan konseptual (conceptual approach) yaitu pendekatan yang beranjak dari pandangan-pandangan dan doktrin-doktrin yang berkembang di dalam ilmu hukum yang dapat menjadi pijakan untuk membangun argumentasi hukum ketika menyelesaikan isu hukum yang dihadapi.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Putusan Hakim yang menyatakan lelang batal demi hukum menimbulkan implikasi berakhirnya hak pembeli lelang atas objek yang dibelinya melalui lelang. Hak-hak pembeli lelang di setiap putusan pengadilan tergantung pada majelis hakim yang memberikan pertimbangan hukum dan penilaian yang berbeda. Perlindungan hukum secara represif merupakan upaya yang dapat dilakukan oleh pembeli lelang untuk memperoleh kembali hak-haknya yaitu dengan mengajukan gugatan kerugian kepada Penjual ke Pengadilan Negeri.

Kata Kunci : Perlindungan hukum, Pembeli Lelang, lelang batal