Abstrak


Implementasi Strategi Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama” Surakarta dalam Merehabilitasi Eks Wanita Tuna Susila


Oleh :
Frida Asri Wulandari - D0113037 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penulis dalam penelitian ini menganalisis implementasi strategi yang dilakukan oleh Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodytama” Surakarta dalam Merehabilitasi Eks Wanita Tuna Susila. Implementasi strategi memegang peran penting bagi setiap organisasi maupun perusahaan. Demikian pula di Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama” Surakarta selaku tempat rehabilitasi eks wanita tuna susila. Dalam menjalankan fungsinya panti memiliki strategi utama dalam merehabilitasi eks wanita tuna susila yaitu strategi Memelihara dan Meningkatkan Kerja Sama antara Panti dengan Instansi terkait baik Instansi Pemerintah maupun Swasta, Organisasi Sosial, LSM, Dunia Usaha dalam Penyelenggaraan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial bagi Penerima Manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi Panti Pelayanan Sosial Wanita “Wanodyatama” Surakarta dalam merehabilitasi Eks Wanita Tuna Susila.

Penulis dalam penelitian ini menggunakan lima indikator yang terkadung dalam teori Hunger dan Wheelen untuk melihat implementasi strategi tersebut yaitu dengan program, anggaran, prosedur, pengorganisasian dan pengarahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer wawancara dan sekunder observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan sendiri menggunakan Purposive sampling dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman.

Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, terbukti bahwa ke lima indikator implementasi strategi telah terlaksana dan berjalan dengan baik. Hal ini terbukti bahwa kegiatan dalam program bimbingan mental, sosial, fisik dan keterampilan sudah terlaksana dengan baik dari segi anggaran, taat pada prosedur serta dilaksanakannya pengorganisasian dan pengarahan dengan baik. Walaupun sudah terimplementasi dengan baik tapi masih terdapat kendala yaitu dalam penjadwalan jam bimbingan dan keterbatasan pada anggaran yang ada.

Kata Kunci: Implementasi Strategi, Kerjasama