Abstrak


Pengaruh Gender Dan Kendali Keluarga Dalam Dewan Komisaris Terhadap Risk Disclosure Pada Perusahaan Nonkeuangan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO)


Oleh :
Elisa Apriliani Andriyanto - F1315037 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh gender dan kendali keluarga pada dewan komisaris terhadap Risk Disclosure. Risk Disclosure merupakan variabel dependen yang diukur menggunakan Risk Disclosure Index (RDI). RDI terdiri dari 34 item pengungkapan.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa prospektus dengan populasi seluruh perusahaan yang melakukan Penawaran Umum Perdana padatahun 2001-2016. Sampel Penelitian terdiri dari 174 perusahaan. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan teknik SPSS.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa gender berpengaruh positif terhadap risk disclosure. Keluarga sebagai komisaris utama berpengaruh negatif terhadap risk disclosure. Sedangkan proporsi keluarga pada dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap risk disclosure