Abstrak


Analisis Metode Pembiayaan Murabahah di BPRS Central Syariah Utama Surakarta


Oleh :
Wahyu Sabar Pambudi - F3514078 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Dalam penelitian ini membahas mengenai ANALISIS METODE PEMBIAYAAN MURABAHAH di PT BPRS Central Syraiah Utama Surakarta. Penulis melakukan penelitian ini karena untuk memberikan pengetahuan terhadap masyarakat mengenai cara pengajuan pembiayaan murabahah di PT. BPRS Central Syariah utama, dan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang margin yang di berikan oleh PT BPRS Central Syariah Utama.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode observasi dilakukan pada saat magang kerja, wawancara dilakukan dengan cara mewawancarai pegawai di PT BPRS Central Syariah Utama Surakarta, dan studi pustaka dengan cara pengumpulan data dari buku-buku maupun dokumen yang berasal dari instansi yang berhubungan dengan permasalahan penulis.
Berdasarkan hasil studi, ANALISIS METODE PEMBIAYAAN MURABAHAH di PT. BPRS Central Syariah Utama Surakarta di awali dengan pengajuan pembiayaan dari calon nasabah dengan cara mengisi formulir dan persyaratan, kemudian teknik perhitungan margin yang dilakukan oleh PT. BPRS Central Syariah Utama Surakarta dilakukan dengan cara mengalikan jumlah plafond dengan presentase margin yang disepakati, dan untuk pembiayaan bermasalah PT. BPRS Central Syariah Utama dapat dilakukan melalui dua cara yaitu pencegahan dan penanggulangan.


Kata Kunci : Pembiayaan, Murabahah, Margin, PT. BPRS