Abstrak


Efektivitas Program Revitalisasi Taman Monumen 45 Banjarsari Surakarta Sebagai Ruang Publik


Oleh :
Nurul Istiqomah - D0113073 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Taman Monjari merupakan salah satu taman kota yang berada di Surakarta.Pada awalnya Taman Monjari digunakan oleh pedagang untuk berdagang barang bekas, hingga akhirnya Pemkot Surakarta membuat kebijakan untuk merelokasi para pedagang barang bekas ke Notoharjo. Setelah pedagang barang bekas berhasil dipindahkan, Pemkot Surakarta kemudian mempunyai gagasan untuk merevitalisasi taman dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi taman sebagai ruang publik. Tujuan dilakukan revitalisasi tidak hanya untuk mengembalikan fungsi taman melainkan Pemkot juga ingin mempertahankan nilai sejarah yang ada pada Taman Monjari serta menghilangkan citra buruk taman yang dulunya terkenal sebagai tempat prostitusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif program revitalisasi Taman Monjari yang dilakukan oleh DLH sebagai ruang publik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Dan untuk mengetahui valid atau tidaknya data yang diperoleh, peneliti menggunakan trianggulasi data.
Hasil penelitian didapat dengan cara mengindentifikasi data yang diperoleh dengan menggunakan empat indikator yaitu waktu pencapaian dilihat dari pelaksanaan revitalisasi dan perubahan-perubahan yang terjadi sangat signifikan dengan adanya revitalisasi. Perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan taman sudah sangat terlihat perbedaannya. Saat ini masyarakat menggunakan taman untuk bermain, berolahraga dan bersosialisasi. Pelajaran yang diperoleh DLH yaitu tetap melakukan pengawasan dan pemeliharaan secara berkala demi kelestarian taman. Tingkat kesadaran masyarakat pengguna taman terlihat sudah baik, masyarakat mempunyai kesadaran untuk ikut menjaga kebersihan dan fasilitas taman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program revitalisasi Taman Monjari yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dapat dikatakan efektif. Rekomendasi yang cocok untuk permasalahan ini adalah peningkatan keamanan dan perawatan pada taman.

Kata Kunci: Efektivitas Program. Revitalisasi, Taman Monumen 45 Banjarsari.