Abstrak


Efektivitas Remidiasi Pembelajaran Fisika Materi Usaha Dan Energi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Arends Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di SMA


Oleh :
Herti Nuryana - K2313029 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan kognitif peserta didik diatas Kriteria Ketuntasan Minimal pada  penerapan remidiasi dengan menggunakan model pembelajaran Time Token Arends pokok bahasan Usaha dan Energi di SMA dan mengetahui besar efektivitas peningkatan rata-rata hasil belajar remidiasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Time Token Arends pokok bahasan Usaha dan Energi di SMA.
Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pemalang Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas X MIA 3 SMA N 1 Pemalang pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jenis desain penelitian Pre-test and Post-test Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrumen tes telah divalidasi oleh dosen pembimbing. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran dengan model Time Token Arends ada peningkatan kemampuan kognitif dilihat dari perolehan skor. Namun, secara statistik remediasi pembelajaran dengan model Time Token Arends tidak meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Hal ini dibuktikan melalui uji-t diperoleh  . Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa model pembelajaran Time Token Arends pada remediasi pembelajaran Fisika SMA materi Usaha dan Energi efektif dalam mengingkatkan rata-rata hasil belajar sebesar 0,45.