Abstrak


Pengungkapan Lingkungan Pada Sektor Agrikultur Dan Barang Konsumsi Dalam Annual Report (Studi Komparasi Negara Indonesia dan Malaysia)


Oleh :
Danti Ashardianti - F1315028 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  tingkat pengungkapan  lingkungan  di  Indonesia  dan  di  Malaysia  serta  mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan, tata kelola perusahaan, dan sertifikat internasional terhadap pengungkapan lingkungan. Karakteristik perusahaan diproksikan ke dalam ukuran perusahaan dan profitabilitas, sedangkan tata kelola perusahaan diproksikan ke dalam proporsi komisaris independen dan proporsi komite audit independen. Pengungkapan lingkungan oleh perusahaan diukur dengan menggunakan indeks GRI G4.

Penentuan jumlah sampel menggunakan teori slovin. Metode pengambilan sampel  yang  digunakan  adalah  purposive  sampling  dan  diperoleh  sampel Indonesia sebesar 41 perusahaan dan sampel Malaysia sebesar 56 perusahaan. Sampel gabungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat 13,22% perusahaan yang melakukan pengungkapan lingkungan dengan nilai tertinggi sebesar 100?n level terendah sebesar 2,94% oleh 23 perusahaan. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak terdapat perbedaan tingkat pengungkapan lingkungan di Indonesia dan Malaysia dan hasil regresi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan sertifikat internasional memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan.