Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kesadaran Sejarah pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta


Oleh :
Rani Puspo Iswanti - K4413049 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta menggunakan penerapan model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dengan kartu soal.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 22 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik model analisis interaktif dengan beberapa bagian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray dengan media kartu soal dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada tahap prasiklus rata-rata prosentase pencapaian per-indikator keaktifan siswa sebesar 71,51%, kemudian pada tahap siklus I meningkat menjadi 87,51%, dan pada tahap siklus II meningkat lagi menjadi 94,77%. Hasil tersebut telah telah mencapai target kinerja penelitian yang ditetapkan, yaitu sebesar ?80%. (2) penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray dengan media kartu soal dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa. Pada tahap prasiklus rata-rata prosentase pencapaian per-indikator kesadaran sejarah siswa sebesar 77,63%, pada siklus I meningkat menjadi 78,84%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 81,30%. Hasil tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang ditetapkan, yaitu sebesar ?80%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray (TSTS) dengan kartu soal dapat meningkatkan keaktifan dan kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Surakarta.

Kata Kunci : Cooperative Learning, Two Stay Two Stray (TSTS), media kartu soal, keaktifan, kesadaran sejarah