Abstrak


Pemanfaatan Media Video dan Alat Bantu Matras Bertingkat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan pada Siswa Kelas V Sdlb-B Wantuwirawan Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Puguh Dwi Laksono - K4610071 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar guling depan dengan memanfaatkan media video dan alat bantu matras bertingkat pada siswa kelas V SDLB-B Wantuwirawan Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDLB-B Wantuwirawan Salatiga yang berjumlah 5 Siswa yang terdiri dari  2 siswa putra dan 3 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar guling depan pada Siklus I mencapai 80 % atau sebanyak 4 siswa yang tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100 % atau sebanyak 5 siswa yang tuntas, dengan KKM 75.

Simpulan penelitian ini adalah dengan pemanfaatan media video dan alat bantu matras bertingkat dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas V SDLB-B Wantuwirawan Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Guling Depan, Pemanfaatan Media Video, Matras Bertingkat