Abstrak


Pembuatan Film Pendek Sejarah Kebudayaan Sekaten Surakarta Berbasis Animasi 2d Bagian Sejarah Babak I


Oleh :
Ila Aulia Rahmah - M3114079 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Dewasa ini banyak masyarakat umum yang jarang mengetahui dan mengerti bagaimana sejarah asal mula adanya suatu kegiatan atau tempat di sekitar mereka. Animasi sudah merupakan salah satu media komunikasi paling popular dalam dunia multimedia dan selalu menjadi sorotan dalam berbagai kebutuhan komunikasi. Baik tua maupun muda sudah banyak yang mengetahui keberadaanya.
Film pendek sejarah kebudayaan Sekaten Surakarta adalah sebuah film berbasis animasi 2D berjudul “Sekaten” dengan spesifikasi ekstensi .mp4, resolusi video 1920x1080, dan frame rate 24 frames per second. Film pendek ini dibuat menggunakan Adobe Illustrator CC dan CorelDraw X5 untuk membuat beberapa vector, Adobe Audition untuk mengatur suara, Anime Studio Pro 11 untuk membuat animasi, Adobe Premiere Pro CC dan Adobe After Effect CC untuk pengeditan video.
Telah berhasil dibuat sebuah film pendek berbasis animasi 2D berjudul “Sekaten”. Film pendek ini sebagai media informasi untuk dapat memperkenalkan sejarah dan informasi perayaan kebudayaan Sekaten Surakarta kepada masyarakat umum.
Kata Kunci : Film Pendek, Animasi 2D, Sekaten, Surakarta