Abstrak


Pembuatan Film Animasi Sekaten Surakarta Bagian Intro Dan Outro


Oleh :
Ilham Lingga Agatha - M3114080 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Kebudayaan merupakan suatu aset yang harus diteruskan dan dilestarikan turu temurun agar tetap terjaga kelestariannya. Pada saat ini kebudayaan daerah mulai tergantikan oleh cerita-cerita modern yang tidak mengandung unsur kebudayaan. Oleh karena itu diperlukan suatu media hiburan yang juga mengandung unsur kebudayaan.
Film animasi sejarah Sekaten Surakarta adalah sebuah film animasi 2D berjudul “Sekaten” dengan spesifikasi ekstensi .mp4, resolusi video 1280x720, dan frame rate 24 frames per second. Film pendek ini dibuat menggunakan Adobe Illustrator CC dan CorelDraw X5 untuk membuat beberapa vector, Adobe Audition untuk mengatur suara, Anime Studio Pro 11 untuk membuat animasi, Adobe Premiere Pro CC dan Adobe After Effect CC untuk pengeditan video.
Telah berhasil dibuat sebuah film pendek berbasis animasi 2Dberjudul “Sekaten”. Film pendek ini sebagai media informasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang kebudayaan Sekaten terhadap masyarakat serta menjadi suatu media hiburan bagi penikmatnya.
Kata Kunci : Film Pendek, Animasi 2D, Sekaten, Surakarta