Abstrak


Pembuatan Game Android Tap Piano Indonesia Menggunakan Unity


Oleh :
Ivan Kusuma Aulia - M3113083 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Lagu nasional merupakan suatu lagu yang diakui menjadi suatu lagu resmi dan menjadi simbol suatu negara. Lagu anak anak merupakan lagu yang dirancang sedemikian rupa, baik lirik maupun melodinya sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak. Melodi lagu anak umumnya bertempo sedang dan kaya pengulangan. Sementara liriknya disusun dengan bahasa yang sederhana, mudah diucapkan, dan kaya pengulangan. Pada saat ini, sepertinya Lagu Nasional kurang diminati karena kurangnya metode sosialisasi yang dapat menarik minat masyarakat agar tertarik. Sehingga anak remaja lebih suka pada lagu-lagu jenis lainnya dibandingkan Lagu Nasional.
Game Tap Piano Indonesia dibuat menggunakan game engine Unity dan menggunakan bahasa pemrograman C#. Pembuatan game Tap Piano Indonesia dengan menggunakan beberapa metode yaitu analisa kebutuhan sistem, perancangan, coding, dan pengujian.
Game ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat Android. Game Tap Piano Indonesia telah berhasil diuji pada 2 perangkat Android : Lenovo A369i dan Asus Zenfone Max (ZC550KL). Sedikit lag pada kedua smartphone.
Kata Kunci : Arcade, Android, Game, Lagu Nasional, Lagu Anak-anak, Unity