Abstrak


Pembuatan 3d Virtual Reality : Virtual Pariwisata Candi Cetho Di Karanganyar Lantai Tiket Sampai Teras Lima Menggunakan Unity 3d Game Engine Berbasis Android


Oleh :
Muhammad Helmi Faisal Ramadhan - M3114105 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Dalam perkembangan teknologi sudah tidak asing lagi dalam mengenal Virtual Reality yang di mana teknologi ini merupakan sebagai media yang dirancang untuk pengguna agar bisa merasakan hasil pembuatan grafis dalam layar secara nyata. Candi cetho berada di lereng gunung Lawu masih sulit di jangkau, dikarenakan jalan menuju ke Candi yang kecil serta tanjakan yang tinggi. Publikasi Candi Cetho juga kurang tersebar. Hal ini membuat candi Cetho kurang banyak di datangi  oleh wisatawan.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan Tugas Akhir Virtual Reality Pariwisata Candi Cetho di Karanganyar adalah menggunakan SDLC (Software Development Life Cycle) jenis Waterfall sebagai berikut : Tahap Perencanaan, Tahap Analisa, Tahap Desain, Tahap Implementasi, Tahap Pengujian, Tahap Penulisan Laporan.
Berdasarkan dari pembahasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Virtual Reality Wisata Candi Cetho merupakan aplikasi dengan teknologi virtual reality berbasis Android. Konten dalam aplikasi virtual reality  Candi Cetho berupa gambaran visul tentang Candi Cetho secara keseluruhan. yang merupakan file dengan ekstensi .apk.

Kata Kunci : Android, Candi Cetho, Unity3D, Virtual Reality