Abstrak


Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Sejarah di SMA Negeri 6 Surakarta)


Oleh :
Hany Tyas Wardani - K4411030 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian adalah : 1) untuk mengetahui pemahaman materi pada mata pelajaran yang diampu terkait dengan kurikulum 2013 dengan persiapan yang akan menjadi dasar bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang kondusif sehingga tujuan yang direncanakan bisa tercapai dengan maksimal, 2) untuk mengetahui apakah guru sejarah mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, 3) untuk mengetahui bagaimana sistem penilaian  dan proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 6 Surakarta berdasarkan kurikulum 2013, 4) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru sejarah di SMA Negeri 6 Surakarta dalam melaksanakan kurikulum 2013, 5) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru sejarah dalam mengatasi masalah-maslah yang dihadapi.
Subjek penelitian ini adalah guru sejarah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala sekolah SMA Negeri 6 Surakarta. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, karena di dalam penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif, yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti yang lebih mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Agar data penelitian yang didapatkan valid, maka peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah model analisis interaktif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah tahap pra lapangan, tahap penelitian lapangan, tahap analisis data, dan tahap penyususnan laporan. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1)  Guru  Sejarah  di  SMA  Negeri  6 Surakarta dalam membuat RPP telah memenuhi standart kurikulum 2013. 2) Pengembangan materi secara kreatif telah dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 6 Surakarta dengan menyusun program tahunan, program semester, dan RPP didukung dengan pengadaan buku sampel. 3) Guru sejarah SMA Negeri 6 Surakarta sudah melampirkan 4 komponen penilaian yaitu soal uraian sebagai tes, lembar pengamatan
kerja  kelompok,  lembar  pengamatan  sikap,  dan  lembar  pengamatan  presentasi.  4) Kendala  yang dihadapi adalah tidak sebandingnya  antara  materi  dengan  waktu  yang
tersedia, siswa belum terbiasa dengan pembelajaran aktif, minimnya sumber belajar, dan administrasi yang terlalu rumit. 5) Upaya yang dilakukan untuk menghadapi kendala yang terjadi di SMA Negeri 6 Surakarta antara lain menyiapkan video atau gambar, membebaskan siswa untuk mengembangkan materi, pengadaan fasilitas WiFi untuk akses internet. Pihak sekolah menyediakan blangko kosong dalam bentuk softfile dalam format excel sehingga memudahkan guru dan wali kelas dalam proses penilaian.

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kurikulum 2013, SMA Negeri 6 Surakarta