Abstrak


Pembuatan Aplikasi “Halo Kids” Menggunakan Augmented Reality Technology Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengenalan “Kebutuhanku” Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android


Oleh :
Herlambang Wira Kusuma - M3114077 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-8 tahun. Pada masa ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh dan berkembang secara cepat dan hebat serta mulai mempunyai rasa ingin tahi yang tinggi. Anak akan lebih cepat mengerti melalui alat pendengarannya (auditif) dan alat penglihatannya (visual) maka dari itu anak diajarkan dengan mendengarkan disertai dengan menunjukkan gambarnya (demonstrasi). Anak usia dini perlu diberikan ilmu pengetahuan salah satunya tentang macam-macam “Kebutuhanku” yang terdiri dari kebutuhan sekolah, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan makanan dan kebutuhan minuman. Pengenalan macam-macam “Kebutuhanku” dirasa sangat penting bagi anak karena dapat berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Pembuatan aplikasi HALO KIDS ini menggunakan berbagai software yaitu Vuforia Developer untuk membuat fitur marker, Vuforia SDK untuk mendapatkan ARCamera dan ImageTarget, Unity3D untuk membuat Augmented Reality, 3DMAX untuk pembuatan objek 3D dan CorelDraw untuk membuat desain marker dan layout.

Dengan adanya teknologi Augmented Reality pada aplikasi HALO KIDS ini diharapkan dapat menyumbangkan inovasi dalam pembelajaran dan mampu menambah variasi dari media pembelajaran sebelumnya.

Kata kunci : Augmented Reality, Kebutuhanku, HALO KIDS.