Abstrak


Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dan Brand Positioning Minyak Goreng Sawit di Kota Surakarta


Oleh :
Nurul Puspitasari - H0813138 - Fak. Pertanian

ABSTRAK

Sektor Pertanian Menjadi Salah Satu Sektor Penting Dalam Pembangunan Untuk Meningkatkan Perekonomian Bangsa Indonesia. Salah Satu Sub Sektor Yang Cukup Besar Pertumbuhan Produk Domestiknya (Pdb) Yaitu Sub Sektor Perkebunan. Slah Satu Sub Sektor Perkebunan Yaitu Kelapa Sawit Yang Dapat Diolah Menjadi Minyak Goreng Sawit. Kota Surakarta Merupakan Kota Dengan Jumlah Penduduk Yang Selalumeningkat Dan Jenis Pasarnya Beragam. Berdasarkan Pernyataan Tersebut, Peneliti Tertarik Mengadakan Penelitian Mengenai Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dan Brand Positioning Minyak Goreng Sawit Di Kota Surakarta.
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Minyak Goring Sawit Di Kota Surakarta, Menganalisis Faktor-Faktor Atribut Produk Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Minyak Goring Sawit Di Kota Surakarta, Dan Menganalisis Brand Positioning Di Kota Surakarta.
Metode Penelitian Ini Adalah Deskripsi Analitis Dengan Teknik Survey. Lokasi Penelitian Dipilih Secara Sengaja Yaitu Di Luwes Nusukan, Luwes Gading, Superindo Adi Sucipto, Sami Luwes, Luwes Mojosongo,Pasar Legi, Pasar Gading, Pasar Hardjodaksino, Pasar Sidodadi, Dan Pasa Gedhe.Metode Penelitian Sampel Pada Penelitian Ini Secara Accidental Sampling. Sampel Yang Digunakan Yaitu Konsumen Minyak Goreng Sawit Di Kota Surakarta Sebanyak 100 Responden Dengan Menggunakan Quota Sampling Yang Dibagi Menjadi 10 Responden. Data Yag Digunakan Yaitu Data Primer Sebagai Data Utama Dan Data Sekunder Sebagai Pendukung. Metode Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Faktor Untuk Menganalisis Faktor Atribu Yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Konsumen, Dan Analisis Multidimensional Scalling (Mds) Untuk Menganalisis Brand Positioning Minyak Goreng Sawit Di Kota Surakarta.
Hasil Penelitian Menunjukkan Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Minyak Goreng Sawit Di Kota Surakarta Melalui Lima Tahap Yaitu Pengenalan Kebutuhanakan Konsumsi Minyak Goreng Sawit Sebagai Suatu Kebiasaan. Pada Tahap Pencarian Informasi Konsumen Minyak Goreng Sawit Cenderung Menggunakan Televisi Sebagai Sumber Media Dalam Pencarian Informasi. Pada Tahap Evaluasi Alternatif, Faktor Harga Dan Rasa Menjadi Faktor Yang Paling Dipertimbangkan. Setelah Melakukan Pembelian, Evaluasi Belum Berakhir, Konsumen Minyak Goreng Sawit Tergolong Loyal, Apabila Harga Naik Ataupun Minyak Goreng Sawit Di Pusat Perbelanjaan Maka Konsumen Akan Berpindah Ke Tempat Untuk Mencari Minyak Goreng Sawit. Berdasarkan Analisis Faktor, Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Adalah Fitur Produk, Keunggunaln Produk, Promosi, Dan Harga. Berdasarkan  Analisis Multidimensional Scalling, Merek Bimoli Spesial Berdekatan Dengan Merek Tropical Dan Kunci Mas Karena Sama-Sama Memiliki Atribut Terdekat Atau Mempunyai Keunggulan Menurut Konsumen Yaitu Merek. Persaingan Terdekat Sania Dan Sunco Yaitu Kualitas Penggorengan. Merek Sovia Memiliki Atribut Terdekat Kemasan, Merek Madina Memiliki Atribut Terdekat Kemudahan Memperoleh, Dan Merek Fortune Atribut Terdekat Label, Merek Bimoli Yaitu Kandungan Gizi, Dan Merek Merek Fitri Yaitu Volume.