Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write pada Siswa Kelas V SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Ajeng Putri Wijayanti - K7113009 - Fak. KIP

ABSTRAK

Ajeng  Putri  Wijayanti.  Peningkatan  Keterampilan  Menulis  Puisi  melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta, Juli 2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model Think-Talk-Write pada siswa kelas V SDN 01
Kalisoro Tawangmangu Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung tiga siklus. Setiap siklus melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Kalisoro Tawangmangu tahun ajaran 2016/2017. Sumber data dari penelitian ini adalah guru,   siswa,   dan   dokumen-dokumen.   Teknik   pengumpulan   data   meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi  sumber  dan  triangulasi  teknik.  Teknik  analisis  data  menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  pada  pratindakan  menunjukkan  nilai  rata-rata keterampilan  menulis  puisi  mencapai  61,7  dengan  ketuntasan  klasikal  33,3% siswa yang dapat mencapai KKM (?68). Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 69,04 dengan ketuntasan klasikal 42,8%. Pada siklus  II  nilai  rata-rata  keterampilan  menulis  puisi  meningkat  menjadi  73,80 dengan ketuntasan klasikal 52,4%. Pada siklus  III nilai rata-rata keterampilan menulis puisi meningkat menjadi 78,57 dengan ketuntasan klasikal 85,72%. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dapat ditingkatkan menggunakan model Think-Talk-Write pada siswa kelas V SDN 01 Kalisoro Tawangmangu tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Model Think-Talk-Write, Keterampilan Menulis Puisi.