Abstrak


Hubungan Antara Stres Kerja dan Turnover Tendency dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediator (Study Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Prima Sejati Sejahtera)


Oleh :
Dhamar Pramudhita - F1215024 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DAN TURNOVER TENDENCY

DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIATOR

(Study Pada Karyawan Bagian Produksi PT. Prima Sejati Sejahtera)

 

DHAMAR PRAMUDHITA F1215024

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  hubungan  antara stress  kerja  dengan  kepuasan  kerja,  hubungan  antara  stres  kerja  dengan turnover tendency, dan hubungan antara stres kerja dan turnover tendency dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada karyawan bagian produksi PT. Prima Sejati Sejahtera.

Penelitian ini menggunakan metode survey dan mengunakan tekhnik Convenience sampling untuk menentukan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini  mengambil  100 sampel dari  bagian produksi  PT.  Prima  Sejati  Sejahtera. Pengukuran tanggapan responden terhadap kuesioner dengan menggunakan 5 jenjang skala Likert.

Sedangkan   untuk   pengujian   hipotesisnya   digunakan   analisis   jalur. Regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja dan pengaruh stres kerja terhadap turnover tendency. Regresi linier berganda untuk mengetahui peran kepuasan kerja sebagai variabel pemediasi hubungan stres kerja pada turnover tendency. Dari hasil analisis data diketahui bahwa stres kerja berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja dan berpengaruh positif terhadap turnover tendency. Namun kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh sters kerja pada turnover tendency.

Kata kunci: stres kerja, kepuasan kerja, turnover tendency