Abstrak


Implementasi Strategi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karanganyar dalam Penataan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan


Oleh :
Eka Mawar Jayanti - D1114009 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Perkembangan perkotaan membawa pada konsekuensi negatif dengan beberapa aspek, termasuk aspek lingkungan. Dalam tahap awal perkembangan sebuah kota, sebagian besar lahan merupakan ruang hijau. Namun, adanya kebutuhan ruang untuk menampung penduduk beserta aktivitasnya, ruang hijau dialih fungsikan menjadi kawasan terbangun seperti pemukiman, jalan, gedung serta industri.  Dalam Undang- undang   No   26   Tahun   2007   tentang   Penataan   Ruang,   dijabarkan   mengenai perencanaan tata ruang wilayah kabupaten seperti rencana penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau.

Jenis   penelitian   ini   adalah   diskriptif   kualitatif   yang   bertujuan   guna memperoleh informasi dan gambaran mengenai Implementasi strategi yang dilakukan DKP Kabupaten Karanganyar, dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung  dalam  implementasi  strategi.  Teknik  Pengumpulan  data  dilakukan dengan wawancara didukung dengan pengumpulan data telaah dokumen, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji validitas data dilakukan dengan trianggulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan strategi RTH di Kabupaten Karanganyar  yang bertanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsi  yaitu  DKP Kabupaten Karanganyar. Program sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dan berjalan secara terus menerus dan berkesinambungan. Program yang dijalankan yaitu Penataan Ruang Terbuka Hijau. Anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan penataan ruang terbuka hijau berasal dari APBD Kabupaten Karanganyar, APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBN. Anggaran yang dikeluarkan sudah sesuai RKA (Rencana Kerja Anggaran). Prosedur dalam pelaksanaan program sesuai dengan SOP (Standard   Operating   Procedure).   Hambatan  yang  dihadapi  dalam  pelaksanaan strategi adalah faktor alam pada saat pelaksanaan pembangunan berlangsung, dan kurangnya sumber daya manusia yang dimiliki DKP Kabupaten Karanganyar. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan strategi adalah tersedia tidaknya tenaga operasional  yang matang secara teknis dan mempunyai keterampilan, tersedianya anggaran yang memadai untuk pelaksanaan program penataan Ruang Terbuka Hijau, tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan.

Kata Kunci : Implementasi Strategi, Ruang Terbuka Hijau