Abstrak


Peran Production Assistant Dalam Produksi Promo Program Spesial Ramadhan Di INEWS TV


Oleh :
Aninditya Nurman Rizki - D1414006 - Fak. ISIP

Sebelum menyusun Tugas Akhir ini, penulis melakukan Kuliah Kerja Media selama dua bulan  dari tanggal 20 April 2017 sampai dengan 20 Juni 2017 di iNews Tv. Dengan adanya Kuliah Kerja Media ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang di dapat saat kuliah pada salah satu bagian sebuah instansi.
Dalam kuliah kerja media ini, penulis tertarik untuk mendalami dunia pertelevisian khususnya di bidang promo on air. iNews Tv, penulis pilih untuk Kuliah Kerja Media karena iNewsTV baru 2 tahun terjun di dunia media, dan sudah memiliki jangkauan siaran yang cukup besar di beberapa daerah di Indonesia. iNewsTV memberikan program yang berbobot untuk audience.
    Di dalam dunia pertelevisian, promosi on air atau promo on air adalah segala sesuatu yang dijadikan promosi oleh stasiun televisi khususnya dengan menggunakan fasilitas media televisi. Promosi on air bisa dikatakan sebagai spot iklan televisi dengan durasi tertentu yang mengkomunikasikan informasi suatu program dengan tujuan mengajak pemirsa menyaksikan program yang dipromosikan. Dalam pembuatannya promo on air dibagi menjadi 3 tahap, yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi.
Peran production assistant dalam promo on air bertugas untuk mempersiapkan keperluan yang digunakan selama proses produksi hingga pasca produksi promo program televisi. Production assistant juga membantu promo placement untuk meng ingest promo ke media grid dan menyalurkan promo ke marketing komunikasi