Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Kreativitas Membuat Relief (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Wisnu Jatmika - K7113230 - Fak. KIP

ABSTRAK


Wisnu Jatmika. K7113230. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT RELIEF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 Tahun Ajaran 2016/2017)    Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. September 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas membuat relief dengan  menerapkan  model  pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning (CTL) dengan media konkret yang dapat meningkatkan kreativitas membuat relief pada siswa kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga  siklus.  Setiap  siklus  terdiri dari empat  tahap,  yaitu  : tahap  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah saya sebagai peneliti, siswa kelas VA dan guru kelas VA SD Negeri kateguhan 02. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan analisis interaktif yang  terdiri  dari  empat  komponen  yaitu  pengumpulan  data,  reduksi  data, penyajian data, dan penarikan keesimpulan. Indikator kinerja penelitian ini yaitu penerapan  model CTL  dengan  media konkret  dan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa 85%. Prosedur penelitian dalam bentuk siklus berulang yang terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  penerapan  model  CTL  dengan media konkret dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pada siklus I Kreativitas siswa mencapai 71,75%, siklus II meningkat menjadi 80,75%, dan siklus III meningkat menjadi 85,25%. Hasil karya membuat relief siklus I siswa yang tuntas
8%, siklus II 60?n siklus III 100%. Data tersebut menunjukkan bahwa setiap siklus selalu mengalami peningkatan dan semua indikator kinerja tercapai
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model CTL dengan media konkret dapat meningkatkan kreativitas membuat relief pada siswa kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 tahun ajaran 2016/2017.


Kata kunci : kreativitas siswa, model Contextual Teaching and Learning.