Abstrak


Pelaksanaan Pelatihan Kerja di Balai Latihan Kerja Surakarta Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional untuk Menghasilkan Kompetensi Kerja Menghadapi Daya Saing Pasar Kerja


Oleh :
Gaudentius Julio Oktobrata - E0013196 - Fak. Hukum

Abstrak

Tenaga kerja sebagai pelaku organisasi berperan penting dalam mewujudkan pembangunan nasional. Kemajuan teknologi menyebabkan timbulnya persaingan dunia kerja. Kebutuhan akan sumber daya manusia berkualitas juga terus meningkat. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan kerja untuk menghasilkan kompetensi kerja menghadapi daya saing pasar kerja. Penulisan hukum ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pelaksanaan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Surakarta dengan menilai kesesuaian pelaksanaan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional dan menilai kemampuan lulusan Balai Latihan Kerja Surakarta dalam menghadapi persaingan kerja.
Penulisan hukum ini berjenis empiris bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh yakni dari data primer dan data sekunder. Data primer yakni data yang diperoleh secara langsung di Balai Latihan Kerja Surakarta dan peserta pelatihan dengan wawancara dan data sekunder berasal dari telaah kepustakaan dan literatur.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Surakarta sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional. Peran Balai Latihan Kerja untuk menciptakan tenaga kerja yang berkompeten dan bersertifikasi, mampu menjawab tantangan dalam pasar ketenagakerjaan. Pelatihan di Balai Latihan Kerja Surakarta mengacu pada pelatihan berbasis kompetensi yang bertumpu pada pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap / perilaku (attitude).

Kata Kunci : Pelatihan Kerja, Kompetensi Kerja, Pasar Kerja, Tenaga Kerja