Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan menggunakan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Andita Rizky Asprillia - K4613015 - Fak. KIP

Peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan menggunakan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas x tkj 1 smk negeri 1 banyudono tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari   empat   tahap   dalam   setiap   siklusnya   yang   terdiri   dari   perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Banyudonio yang berjumlah 35  siswa terdiri  dari  12 siswa putra dan  23  siswa putri.  Sumber  data dalam penelitian ini berasal dari siswa dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan   teknik   triangulasi   data.   Analisis   data   menggunakan   analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi  yang dideskripsikan dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Hasil analisis menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan menggunakan alat bantu pembelajaran dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar guling depan menggunakan alat bantu pembelajaran siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 40% atau sebanyak 14 siswa dari 35 siswa. Peningkatan hasil belajar guling depan menggunakan alat bantu pembelajaran juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 88% atau sebanyak 31 siswa yang tergolong kriteria tuntas dengan KKM 75 dan 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapatmeningkatan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswakelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2017/2018.