Abstrak


Analisis Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Bojonegoro Tahun Anggaran 2011-2015


Oleh :
Aziz Wahyu Supraytino - F1315020 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan daerah Kabupaten Bojonegoro sehingga dapat diketahui kemampuan daerah dalam menjalankan otonomi daerah.  Pengukuran kinerja keuangan daerah tercermin dari indikator-indikator rasio keuangan yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan metode statistik deskriptif dan analisis data kualitatif dengan metode wawancara.  Alat analisis yang digunakan adalah rasio kemandirian keuangan daerah, rasio efektivitas pendapatan asli daerah, rasio efisiensi belanja, rasio aktivitas, dan rasio pertumbuhan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja keuangan daerah Kabupaten Bojonegoro dinilai cukup baik, efektif, dan efisien dilihat dari rasio efektivitas pendapatan asli daerah, rasio efisiensi belanja, dan rasio pertumbuhan.  Namun, kinerja keuangan daerah masih kurang jika dilihat dari aspek kemandirian dan aspek aktivitas belanja.


Kata Kunci: Kinerja Keuangan Daerah, APBD, Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Efektivitas Pendapatan Asli Daerah, Rasio Efisiensi Belanja, Rasio Aktivitas, Rasio Pertumbuhan