Abstrak


Pengaruh Tingkat Likuiditas Bank Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah dengan Pertumbuhan Kredit sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Tahun 2011-2015)


Oleh :
Novia Andini Murti - F1315067 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat likuiditas bank yang diproksikan dengan CAR, NPL dan LDR terhadap pertumbuhan ekonomi daerah yang ditunjukan dengan PDRB juga untuk mengetahui pengaruh CAR, NPL dan LDR terhadap PDRB dengan dimediasi pertumbuhan kredit.
Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia dengan menggunakan data sekunder annual report BPD. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling selama periode tahun 2011-2015. Analisis data dilakukan dengan program eviews 8 dengan pemilihan model Fixed Effect Model dan Random Effect Model dan path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa NPL berpengaruh signifikan  negatif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien sebesar -4,837045 terhadap pertumbuhan kredit sedangkan CAR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan kredit dengan nilai signifikansi CAR sebesar 0,1939 dan LDR tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan kredit ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,6028. Pertumbuhan kredit terbukti memiliki pengaruh terhadap PDRB dengan nilai 0,0042, sedangkan pertumbuhan kredit secara tidak langsung tidak mempengaruhi nilai NPL terhadap PDRB ditunjukan dengan nilai path analysis sebesar -1,71178.

Kata Kunci: CAR, NPL, LDR, Pertumbuhan Kredit dan PDRB