Abstrak


Studi Komparabilitas Informasi Dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Prediktor Karakteristik Pemerintah Daerah, Opini Audit Tahun Sebelumnya, dan Jumlah Temuan Audit atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2010 s.d. 2014)


Oleh :
Rinto Ariwibowo - F1315080 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pemerintah daerah yang diproksikan melalui (1) ukuran pemerintah daerah, (2) jenis pemerintah daerah, (3) tingkat ketergantungan, dan (4) umur pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan ditinjau dari sudut pandang komparabilitas.
Penelitian ini juga menggunakan variabel prediktor berupa opini audit atas laporan keuangan pemerintah daerah pada tahun sebelumnya serta jumlah temuan audit untuk menyimpulkan tingkat komparabilitas laporan keuangan pmerintah daerah. Uji petik penelitian adalah laporan keuangan dari 102 pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota yang terdiri dari 510 laporan keuangan dengan periode uji petik lima tahun yaitu antara 2010 sampai dengan 2014. Penelitian melakukan assessment dalam rangka menentukan tingkat kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap tingkat comparability kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sementara tingkat ketergantungan berpengaruh negatif terhadap tingkat comparability kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.


Kata Kunci:  komparabilitas, karakteristik, temuan, opini.