;

Abstrak


Perbedaan Pengaruh Ice Massage, Kinesiotaping dan Dry Needling terhadap Penurunan Asam Laktat Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen Keletihan yang Diinduksi oleh Interval Training pada Mahasiswa Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta )


Oleh :
Sevy Astriyana - A121508052 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan efek ice massage, kinesiotaping dan dry needling terhadap penurunan asam laktat; 2) pengaruh jenis kelamin terhadap penurunan asam laktat; 3) interaksi antara metode penangangan dan jenis kelamin terhadap penurunan asam laktat.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain faktorial 3x2. Tiga puluh subjek yang terdiri dari 15 mahasiswi dan 15 mahasiswa, dibagi menjadi tiga kelompok eksperimen sesuai dengan perlakuan yang telah ditentukan. Pada penelitian ini mengunakan variabel bebas yang terdiri dari variabel manipulatif berupa ice massage, kinesiotaping dan dry needling dan variable atributif berupa jenis kelamin. Variabel terikat pada penelitian ini adalah asam laktat. Penelitian dilakukan pada tanggal 24 dan 25 April 2017 di Education Park Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Data diambil dalam dua sesi kegiatan penelitian. Semua responden diberi latihan interval training di pertemun pertama penelitian untuk memicu akumulasi asam laktat sebagai sisa metabolisme anaerob. Data tingkat asam laktat diambil pada hari kedua penelitian. Responden diperiksa kadar asam laktat sebelum dan sesudah diberi perlakuan sesuai kelompok eksperimen. Teknik analisis data digunakan adalah uji ANAVA 2 jalur.
Kesimpulan penelitian ini diketahui bahwa: 1) terdapat perbedaan pengaruh ice massage, kinesio taping dan dry needling terhadap penurunan asam laktat dengan nilai signifikan 0,043 <0> 0,05); 3) Tidak ada interaksi antara metode pengobatan dan jenis kelamin terhadap penurunan asam laktat (p 0,920> 0,05.

Kata Kunci: ice massage, kinesiotaping, dry needling, asam laktat, interval training