Abstrak


Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)


Oleh :
Suryo Laksono Padmawidayat - F1315093 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas dan leverage perusahaan terhadap kebijakan dividen. Variabel independen yang digunakan adalah profitabilitas dan leverage perusahaan. Variabel dependen yang digunakan adalah kebijakan dividen.
Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2012-2015. Sampel yang dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total 47 perusahaan ditentukan sebagai sampel. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen. Sementara itu, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 23,5%. Hasil tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sementara 76,5% dijelaskan oleh variabel lain.

Kata Kunci : Leverage, Profitabilitas, Kebijakan Dividen