Abstrak


3D Virtual Reality : Upacara Grebeg Maulud di Kota Surakarta sebagai Pengenalan Budaya Melalui Aplikasi Berbasis Android


Oleh :
Corry Ika Krisdayanti - M3114044 - Fak. MIPA

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan grebeg maulud melalui teknologi virtual reality tiga dimensi. Diharapkan penelitian ini membantu masyarakat merasakan pengalaman berbeda dalam menikmati upacara grebeg maulud. Masyarakat dari luar kota Surakarta juga dapat menikmati upacara grebeg maulud dimanapun berada.
Penelitian ini merupakan pengembangan aplikasi virtual reality bertema kebudayaan. Objek yang diambil oleh penulis adalah upacara grebeg maulud yang diselenggarakan pada tanggal 12 Bulan Maulud menurut penanggalan Jawa. Dalam rangkaian grebeg maulud terdapat barisan abdi dalem yang membawa gunungan dari keraton Kasunanan ke Masjid Ageng. Software engine yang digunakan oleh penulis adalah Unity Game Engine.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aplikasi virtual reality upacara grebeg maulud. Aplikasi yang dihasilkan merupakan file berbentuk .apk, dapat dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi android yang memiliki sensor gyroscope. Aplikasi 3D Virtual Reality Upacara Grebeg Maulud di kota Surakarta diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi pengguna.

Kata Kunci : 3D animasi, android, animasi, grebeg maulud, virtual reality