Abstrak


Pembuatan Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 Berbasis Web


Oleh :
Rebecca Ameylinda Pratiwi - M3114118 - Fak. MIPA

Abstrak

Sekolah Dasar dirasa perlu untuk melakukan pembenahan dalam kebutuhan akan informasi dengan pengembangan dan pelayanan teknologi informasi untuk pencatatan data serta pengolahan data untuk kebutuhan informasi akademik Sekolah Dasar. Selama ini pencatatan dan pengolahan data yang dilakukan hanyalah berfokus pada sebuah hasil yaitu raport. Perkembangan siswa dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya tidak tercatat, tidak diolah, dan tidak diinformasikan sehingga orangtua tidak dapat memantau perkembangan belajar anak.
Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013 ini dibangun sesuai dengan model waterfall yaitu dengan cara pengumpulan data, analisis, perancangan, implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter hingga pada uji coba sistem informasi.
Pembuatan sistem informasi akademik sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 mampu melakukan pencatatan data siswa, data guru, data perkembangan siswa, data nilai siswa serta memberikan informasi kepada Guru dan Kepala Sekolah mengenai nilai siswa dan grafik perkembangan nilai siswa.

Kata Kunci : sistem informasi, akademik, sekolah dasar, kurikulum 2013, perkembangan siswa, nilai