Abstrak


Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Krikilan Ruang Pamer Satu Lorong Kedua Menggunakan Unity 3D Game Engine Berbasis Android Studi Kasus Kehidupan Hippopotamus


Oleh :
Muhlifain Zulfikar - M3114107 - Fak. MIPA

Abstrak

Museum Purbakala Sangiran merupakan museum arkeologi yang terletak di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia. Museum Sangiran beserta situs arkeologinya, selain menjadi objek wisata yang menarik juga merupakan arena penelitian tentang kehidupan pra sejarah terpenting dan terlengkap di Asia, bahkan dunia. Salah satu fosil yang ada di Museum Purbakala Sangiran adalah fosil Kuda Sungai (Hippopotamus ), fosil ini dipamerkan di Museum Sangiran Klaster Krikilan Ruang Pamer Satu. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui kehidupan Hippopotamus pada jaman purba.
Oleh karena itu dibuatlah aplikasi Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Krikilan Ruang Pamer Satu Lorong Kedua Studi Kasus Kehidupan Hippopotamus berbasis android dengan menggunakan Unity Game Engine sebagai tools dalam mengembangkan aplikasi ini. Aplikasi yang dihasilkan dapat memberikan penjelasan mengenai kehidupan Kuda Sungai purba (Hippopotamus) pada zamannya. Dengan tujuan menampilkan kehidupan hewan purba di masa lampau agar masyarakat dapat mengetahui perbedaan antara kehidupan zaman purba dengan sekarang.

Kata Kunci : virtual reality, android, Hippopotamus, sangiran, museum, purbakala