Abstrak


Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Fasilitas Pembelajaran terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS


Oleh :
Septian Arino Putro - K7413145 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS (3) Pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2013, 2014 dan 2015 sebanyak 184 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Proporsional random sampling berjumlah 127 mahasiswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan  data tentang kecerdasan  emosional  dan  fasilitas  pembelajaran, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi akademik mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS yang ditunjukkan dengan nilai Fhitumg  lebih besar dari Ftabel, yaitu 45,735 > 3,07. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS yang ditunjukkan dengan nilai thitung variabel kecerdasan emosional adalah 5,381 > ttabel yaitu 1,97 dan nilai sig. 0,000 < 0> ttabel yaitu 1,97 dan nilai sig. 0,000 < 0>