Abstrak


Penegakan Hukum Terhadap Kapal Asing Yang Melakukan Illegal Fishing Di Wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia Ditinjau Dari Hukum Laut Internasional (Studi Kasus Kapal Kway Fey 10078 Berbendera Tiongkok)


Oleh :
Intan Kusumadewi - E0013229 - Fak. Hukum

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mekanisme penegakan hukum bagi pelaku illegal fishing di wilayah ZEE melalui instrumen hukum internasional dan nasional.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kapal Kway Fey 10078 berbendera Tiongkok yang ditangkap oleh Kapal Pengawas Hiu 11 milik pemerintah Indonesia terbukti melakukan kegiatan illegal fishing di wilayah ZEE Indonesia. Kemudian tindakan yang dilakukan oleh kapal Coast Guard Tiongkok dengan menabrak kapal Kway Fey 10078 adalah sebuah tindakan intervensi atas proses penegakan hukum illegal fishing di Indonesia. Melalui penelitian ini, penulis mengidentifikasi penegakan hukum terhadap Kapal Kway Fey 10078 berbendera Tiongkok yang melanggar hak berdaulat Indonesia. Proses penegakan hukum terhadap nahkoda dan awak kapal Kway Fey 10078 telah sesuai dengan hukum internasional, yang hanya memberikan hukuman denda