;

Abstrak


Perbedaan Tingkat Kejadian Epitelisasi pada Luka Donor Split Thickness Skin Graft dDi Daerah Paha dengan Pemakaian Leukocrepe® Dan Medicrepe®


Oleh :
Ivan Rinaldi - S501208036 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang : Perawatan donor site bertujuan untuk menciptakan ligkungan yang optimal untuk proses penyembuhan, sehingga mencegah terjadinya komplikasi seperti nyeri, infeksi dan delayed healing. Penggunaan perban elastis sebagai salah satu instrumen yang digunakan pada perawatan donor site merupakan bagian dari standar operasional prosedur perawatan yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi (RSDM) Surakarta. Saat ini di RSDM Surakarta belum ada uji klinik yang membandingkan perawatan luka donor STSG di daerah paha dengan menggunakan perban elastis Leukocrepe® dan Medicrepe®.

Metode :  Penelitian ini  merupakan penelitian  post test  only control group design. Sampel penelitian 18 pasien. Dimana penelitian ini dilakukan pada luka donor intermediate STSG, dengan ketebalan 0,4 mm pada paha bagian lateral. Dengan membagi dua luas luka donor, setengah luas luka donor sisi atas  dilakukan pembalutan dengan menggunakan Leukocrepe dan setengah luas donor sisi bawah dilakukan pembalutan dengan Medicrepe®. Dilakukan penilaian epitelisasi  yang timbul  pada hari  ke  7.  Semua  data  yang terkumpul dilakukan uji  statistik menggunakan uji wilcoxcon rank test (a = 0,05).

Hasil : Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 18 pasien di sub bagian bedah plastik RSUD Dr. Moewardi Surakarta bulan November 2016 – Juli 2017. Didapatkan tingkat kejadian epitelisasi pada pada luka donor STSG di daerah paha bagian lateral pada hari ke 7 dengan menggunakan Leukocrepe dengan rata-rata 61.39 ± 30.05%, sedangkan  dengan menggunakan Medicrepe  dengan  rata-rata  43.67  ±  30.69  %.  Nilai  rata-rata  prosentase  tingkat  kejadian epitelisasi  yang  menggunakan  Medicrepe®  secara  statistik  menunjukan  perbedaan  yang signifikan dengan menggunakan Leukocrepe® (p<0>

Simpulan : Tingkat kejadian epitelisasi pada donor site di daerah paha dengan menggunakan Medicrepe®   lebih   baik   dalam   mempercepat   proses   epitelisasi   dibandingkan   dengan Leukocrepe®.

Kata Kunci : Epitelisasi, Perban elastis, Medicrepe®, Leukocrepe®