;

Abstrak


Asosiasi Partisipasi Kelompok Dukungan Sebaya, Stigma Diskriminasi dan Kualitas Hidup Orang Dengan Hiv/Aids di Kabupaten Tulungagung


Oleh :
Mia Ashari Kurniasari - S021502027 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Latar Belakang: Kualitas hidup ODHA masih menjadi masalah yang perlu ditangani dengan baik. Kualitas hidup ODHA dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu masalah ODHA yang sampai saat ini masih menjadi masalah adalah stigma diskriminasi. Oleh karena itu, semakin ODHA mendapat stigma kualitas hidupnya kurang baik. Salah satu upaya untuk menaikkan kualitas hidup ODHA adalah dengan pendampingan ODHA. Pendampingan dilakukan sesuai dengan program KPA yang bertujuan untuk menaikkan kualitas hidup dan menghilangkan stigma. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar hubungan antara partisipasi KDS, stigma diskriminasi dengan kualitas hidup.

Subjek dan Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Lokasi penelitian di Kabupaten Tulungagung pada bulan November 2016 – Januari 2017. Subjek kasus banyak 65 orang ODHA yang ada di dalam KDS dan 35 orang ODHA yang diluar KDS. Pengambilan sampel dengan cara fix exposure sampling, stratified sampling, dan quota sampling.   Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan analisis jalur IBM AMOS 22.

Hasil: Partisipasi KDS dengan bebas stigma (b=0.27; p <0 b=0.43;p stigma(b=0.18;p b=0.33;p b=0.21;p xss=removed><0 b=0.31>

Kesimpulan: Ada hubungan positif secara langsung dan tidak langsung antara partisipasi KDS, dukungan keluarga, dukungan masyarakat, core self evalution, stigma diskriminasi, pendidikan, pendapatan dan kualitas hidup dan secara statistik signifikan.
Kata Kunci : Partisipasi KDS, stigma diskriminasi, dukungan keluarga, dukungan masyarakat, core self evolution, kualitas hidup.