Abstrak


Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Temon - Kacangan, Kabupaten Boyolali STA 6+000 – 8+000


Oleh :
Fajar Nasirudin - I8214017 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Jalan Temon - Kacangan merupakan jalan yang   menghubungkan antara Kecamatan Simo dengan Andong dan banyak dilalui kendaraan dengan jumlah banyak.

Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Temon - Kacangan STA 6+000 – 8+000 ini bertujuan  untuk  melakukan  penilaian  kondisi  jalan  yang  menggunakan metode  Pavement  Condition  Index  (PCI),  dengan  membagi  jalan  menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan (secara   visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI.

Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa Alligator Cracking, Longitudinal Cracking, Depression, Potholes, Patching and Raveling. Kerusakan ini hanya terjadi pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu pengisian retak, laburan aspal setempat, dan penambalan. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang sesuai dengan  umur  rencana yaitu  10  tahun.  Durasi  waktu  pekerjaan Jalan  Temon  -  Kacangan  adalah  5 minggu. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms.744. Kemudian dari  seluruh  pekerjaan  diperoleh  total  biaya  yang  diperlukan  dalam  usaha perbaikan dan peningkatan mutu pada Temon - Kacangan STA 6+000 – 8+000 tahun 2017 adalah Rp 1.792.055.868,55.

Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), LASTON, RAB