Abstrak


Sistem Informasi Pohon Kawasan Solo ( Simpanse.Id ) Berbasis Website


Oleh :
Angga Prasetya Budi - M3114022 - Fak. MIPA

ABSTRAK
Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota Solo sudah hampir memenuhi seperti undang-undang, yaitu 30%. 20% RTH dari publik, 10?ri privat dan pemkot sudah lakukan baru 11,9%. RTH ini meliputi RTH privat dan publik yang berupa tanaman produktif dan pepohona. Namun pepohonan di kawasan RTH ini menjadi masalah ketika tumbang yang menyebabkan berbagai kerugian. Tumbangnya pohon disebabkan beberapa faktor, yakni: cuaca ekstrem, kurangnya perawatan, dan usia pohon terlalu tua. Hal tersebut menginspirasi penulis untuk membuat sebuah sistem informasi yang bernama “Sistem Informasi Pohon Kawasan Solo ( SIMPANSE.ID ) Berbasis Website”.
 Metode penelitian yang digunakan untuk membuat website ini menggunakan metode SDLC (Systems Development Life Cycle) merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari beberapa tahap antara lain : observasi dan pengumpulan data, pengolahan data, perancangan dan permodelan, desain, implementasi, uji coba dan pemeliharaan.
Sistem Informasi Pohon Kawasan Solo ( SIMPANSE.ID ) Berbasis Website memuat data deskripsi, jumlah, dan lokasi pohon di beberapa kawasan RTH Solo, memberi tanda pada pohon yang sebaiknya ditebang dan dilakukan regenerasi sebelum pohon tersebut terlalu tua dan membahayakan, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan instansi yang berwenang terhadap kawasan RTH terkait untuk mengambil tindakan serta sebagai sarana edukasi mengenai pohon.

Kata Kunci: Pohon, Ruang Terbuka Hijau, Simpanse, Solo.